Beranda » LAINNYA » 13 Negara Asia Rekomendasi Terbaik Untuk Backpacker

13 Negara Asia Rekomendasi Terbaik Untuk Backpacker

1. Thailand

Di negara yang dikenal sebagai negara Gajah Putih ini, Anda dapat menikmati wisata di beberapa kota di Tahiland dalam sehari hanya dengan uang Rp 200.000,-. Biaya tersebut sudah termasuk biaya makanan dan transportasi umum. Jika Anda ingin masuk ke tempat-tempat wisata di Thailand, Anda pasti membutuhkan biaya tambahan. Namun, total pengeluarannya tidak akan mencapai Rp 700.000,- untuk satu hari.

Agar tidak terjebak di kawasan-kawasan yang terkenal dengan biaya yang mahal, sebaiknya Anda jangan mengunjungi wilayah Phuket, Koh Samui, dan daerah-daerah pantai di Thailand yang sudah dikomersilkan. Anda dapat berkunjung ke utara Thailand atau ke daerah Chiang Mai karena daerah tersebut ramah backpacker, yang dikenal dengan pengeluarannya yang hemat.

2. Kamboja

Masih di negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, Kamboja sudah dikenal oleh kalangan backpacker sebagai negara dengan biaya wisata yang murah. Biaya menginap hotel di sana berkisar mulai Rp 25.000,- per malamnya. Makanan dan minuman di sana pun murah juga. Sekali makan di sana, Anda hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 13.000,- sampai Rp 15.000,- saja. Biaya paling mahal yang akan Anda temui hanya ketika memasuki wilayah Angkot Wat, yaitu sekitar Rp 230.000,-.

3. Vietnam

Sepertinya negara-negara Asia Tenggara banyak dilirik oleh wisatawan yang ingin berlibur ke luar negeri tanpa keluar uang banyak. Salah satu negara Asia Tenggara yang kini sedang digandrungi oleh wisatawan luar negeri adalah Vietnam. Alasannya, pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan kepada warganya untuk tidak mematok harga mahal untuk makanan lokal, penginapan, maupun tempat wisata.

Anda bisa mendapatkan penginapan di Vietnam dengan harga mulai Rp 70.000,- per orangnya. Untuk wisata kuliner, Anda bisa membeli kuliner lokal yang dijual di pinggir jalan dengan harga Rp 20.000,- per orang untuk sekali makan. Selain itu, tempat wisata yang bisa Anda kunjungi antara lain Ha Long Bay, Bai Tu Long Bay, Terowongan Cu Chi, dan lainnya. Jika ingin mendapatkan harga murah untuk masuk tempat wisata, lebih baik Anda membeli tiket di tempat.

4. Nepal

Negara yang dikenal dengan Gunung Everest-nya ini merupakan salah satu negara bebas visa. Selain itu, Pemerintah di sana mulai kembali membangun kawasan pariwisatanya setelah mengalami gempa bumi hebat pada tahun 2015 lalu. Untuk biaya makan, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar $ 8,00.

Liburan ke Nepal tidak hanya wisata trekking di Annapura saja, Anda dapat menikmati liburan di kota-kota utama Nepal seperti Pokhara, atau mengunjungi bangunan khas peninggalan masa lalu, seperti Durbar Square di Kathmandu.

5. Laos

Negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut ini dikenal sebagai negara yang pengeluaran wisatanya cukup murah. Penginapan di sini cukup murah, Anda cukup mengeluarkan uang $ 2.50 untuk kamar double bed. Bahkan untuk biaya menginap di bungalow, Anda cukup membayar Rp 120.000,- saja. Selain itu, makanan pinggir jalan di negara ini harganya berada di kisaran Rp 12.000,- – Rp 25.000,-. Saat Anda ingin mencicipi kuliner khas Laos, Anda dapat mencoba makan di pinggir jalan sembari menikmati indahnya tepi sungai Mekong yang terkenal itu.

6. Filipina

Sebenarnya, biaya hidup di Filipina tidak semurah Laos dan Thailand, namun banyak wisatawan yang setuju bahwa negara tetangga kita ini memiliki biaya hidup yang murah. Bahkan, negara ini masuk dalam 20 negara dengan biaya hidup termurah di dunia versi situs Numbeo. Anda bisa mendatangi berbagai pantai yang memukau, hutan tropis, dan gunung hijau di negara ini. Selain itu, jika Anda berkunjung ke ibukotanya, Manila, Anda akan dapat menemui bangunan kolonial dengan arsitektur khas Spanyol.

7. India

Negara dengan tingkat pertumbuhan penduduk tertinggi di dunia ini memiliki makanan, penginapan, dan transportasi umum murah layaknya seperti di Indonesia. Bisa dibilang, biaya hidup di India tergolong rendah. Bahkan, negara ini memiliki biaya hidup yang lebih murah daripada di Indonesia. Menurut data dari Consumer Price Index, India berada pada posisi 26,27%. Angka tersebut lebih rendah 13% daripada Indonesia. Buktinya, Anda bisa menikmati makanan di restoran India dengan harga Rp 103.000,-, secangkir kopi cappucino seharga Rp 15.000,-, 1 liter susu sapi segar seharga Rp 8.000,- dan harga roti tawar seharga Rp 9.000,-. Selain itu, Anda bisa naik kereta AC dengan fasilitas lengkap di sana hanya dengan harga tiket Rp 250.000,- saja. Makanan dan penginapan di sini juga memiliki harga yang tak jauh dari harga di Vietnam dan Kamboja.

8. Sri Lanka

Di negara ini, Anda dapat menggunakan transportasi kereta api dengan harga tiket hanya Rp 20.000,- saja. Biaya penginapan untuk satu malam pun Anda hanya berkisar Rp 60.000,- saja. Selain itu, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 12.000,- untuk menikmati makanan tradisional Sri Lanka seperti nasi dan kari. Sebagai referensi wisata Anda, berbagai macam taman nasional di Sri Lanka bisa Anda kunjungi dengan biaya Rp 120.000,- saja.

Negara yang bertetangga dengan India ini dilirik oleh wisatawan asing karena memiliki daya tarik tersendiri, seperti garis pantai yang tiada duanya, pemandangannya yang eksotis, dan banyak sekali patung Buddha yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

9. Hongkong

Hong Kong memang dikenal sebagai surganya belanja. Namun, negara ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Disneyland. Selain itu, kini terbang ke Hong Kong tak perlu merogoh kocek mahal, karena sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket murah. Harga makanan dan penginapan di sini pun cukup terjangkau.

10. Singapura

Jika ingin liburan ke luar negeri tapi ga mau terlalu jauh, Anda bisa berkunjung ke Singapira. Anda bisa terbang ke Singapura dengan harga murah, baik dengan atau tanpa tiket promo. Malah harganya bisa lebih murah daripada penerbangan Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya. Singapura dikenal sebagai tempat makan, belanja, dan wahana-wahana spektakuler yang hanya dapat Anda temukan di sana, seperti Gardens By The Bay sampai Singapore Flyer.

11. Pakistan

Negara tetangga India ini ternyata masuk dalam daftar 20 negara dengan biaya hidup murah versi Numbeo. Di negara ini, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal, seperti Quetta, daerah yang dikelilingi oleh bukit-bukit menjulang di sisinya; Muzaffarabad, daerah berbukit dan banyak tebing indah; dan Swat, daerah yang pernah dikunjungi oleh Ratu Elizabeth II dan beliau menjuluki tempat tersebut sebagai Switzerland of the East (Swiss dari Timur).

12. Kazakhstan

Percaya atau tidak, negara ini masuk dalam daftar 20 negara dengan biaya hidup murah versi Numbeo. Lebih tepatnya di urutan keempat. Ternyata, di negara ini Anda dapat menikmati wisata kota tua di Almaty atau wisata perkotaan di Astana. Negara yang memiliki 4 musim ini juga memiliki destinasi wisata musim dingin yang sayang jika Anda lewatkan, mulai dari Shymbulak, yaitu tempat seluncur salju terkenal di sana. Saran dari kami, datanglah ke negara ini saat menjelang musim panas, yakni pada bulan Mei.

13. Maladewa

Harga tiket pesawat ke negara yang dikenal dengan nama Maldives ini tak berbeda jauh dengan tiket pesawat ke Korea Selatan atau India. Malah Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketika Anda dapat tiket promo untuk perjalanan pulang pergi. Maladewa menawarkan liburan ala backpacker dengan harga terjangkau. Jangan khawatir, walaupun ala backpacker, namun keindahan yang Anda dapatkan akan sama dengan yang menginap di penginapan biasa.

 

Sumber Artikel : tempatwisataunik.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.