Biliton Journey

23

Apr
2018

10 Destinasi Wisata Belitung yang Wajib Kalian Kunjungi

Diposting OlehBiliton Journey/ 18 0

10 Destinasi Wisata Belitung yang Wajib Kalian Kunjungi.

Ketika kalian memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan kalian di pulau Belitung, Dan kalian sedang mencari referensi tentang destinasi wisata Belitung atau pun atraksi wisata lainnya yang ada di pulau Belitung.

Tulisan dibawah ini sedikit banyak bisa membantu kalian mendapatkan referensi tentang Destinasi wisata Belitung.

Berikut kami rangkum 10 Destinasi Wisata Belitung

Destinasi Wisata Belitung : Pantai 

1. Pantai Tanjung Tinggi, Terletak di desa Tanjung tinggi, Kecamatan sijuk kabupaten Belitung.

Destinasi wisata Belitung

Pantai Tanjung tinggi terkenal karena pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar pelangi, Selain itu juga pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu dengan banyak nya bebatuan granit yang di perkirakan telah berumur 208-245 juta tahun yang menghiasi pesisir pantai bahkan ada yang sampai daratan.

Ketika hari libur pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, Biasanya puncak keramaian terjadi di sore hari. Karena momen yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam.

Di pantai ini banyak sekali warung-warung yang berjejer rapi di sepanjang garis pantai, Kalian dijamin tidak akan kelaparan ketika mengunjungi pantai ini. Dan kalau kalian ingin bersenang-senang bermain perahu karet, Para pedagang tersebut juga menyediakan sewa perahu karet dengan biaya Rp.70,000 per perahu.

Informasi

  • Jarak tempuh dari pusat kota Tanjung pandan ke Pantai Tanjung tinggi sekitar 32 km.
  • Tidak ada biaya retribusi untuk pantai ini, Kalian hanya dikenakan biaya parkir apabila membawa mobil.
  • Pengelola menyediakan kamar bilas, Mushola dan juga kamar mandi dengan membayar sebesar 5rb per orang.
  • Tersedia banyak di restoran di sekitar pantai Tanjung tinggi.
  • Usahakan untuk tidak pulang malam karena kurangnya penerangan di sepanjang jalan.

2. Pantai Tanjung Kelayang terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung.

Destinasi wisata Belitung

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu kawasan strategis pariwisata nasional di Indonesia, Nama Kelayang sendiri diambil dari nama jenis burung yang banyak hidup di sekitaran pantai.

Setiap tahun pantai Tanjung kelayang menjadi tempat singgah kapal-kapal Yacht yang mengikuti acara Rally Sail Indonesia.

Pantai ini terkenal dengan Pendopo besar yang biasanya digunakan untuk acara desa atau pun kegiatan lainnya. Dan juga pantai ini merupakan 1 dari 2 tempat yang digunakan untuk menyeberang ke pulau Lengkuas dan pulau-pulau kecil lainnya.

Kalau kalian ingin menyeberang ke pulau Lengkuas, Usahakan untuk berangkat pada pukul 08.00 pagi karena kondisi air laut yang tenang dan cuaca yang belum panas serta wisatawan yang berangkat masih sedikit.

Informasi

  • Pantai Tanjung Kelayang berjarak sekitar 27 kilometer dari kota Tanjung pandan.
  • Tidak ada biaya retribusi untuk pantai ini, Kalian hanya membayar parkir kalau membawa mobil.
  • Pengelola menyediakan kamar bilas dan Mushola.

3. Pantai Tanjung Pendam, Terletak di jantung kota Tanjung pandan.

Pulau Kalamoa belitung

Pantai ini menjadi yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan karena lokasi yang berada di jantung kota Tanjung pandan, Setiap sore ramai penduduk lokal yang bersantai di pinggir pantai sambil menyaksikan matahari terbenam.

Ketika air laut sedang surut banyak penduduk lokal yang mencari kerang kecil di sekitar pantai Tanjung pendam, Masyarakat Belitung mengenal aktifitas itu dengan “Ngeremis”. Mereka melakukan itu selain untuk dijual juga untuk santapan sehari-hari.

Waktu yang paling disarankan berkunjung ke pantai ini adalah Pagi dan sore hari, Ketika pagi hari di hari sabtu dan minggu banyak sekali para pedagang makanan di dalam kawasan pantai ini, Dan ketika sore hari kalian bisa menikmati suasana matahari terbenam atau pun mencari kerang.

Informasi

  • Di sekitar pantai Tanjung pendam banyak sekali kafe yang menyediakan live music.
  • Pengelola menyediakan kamar mandi gratis.
  • Biaya masuk kendaraan bermotor sebesar Rp.5.000.

4. Pantai Teluk Gembira berada di desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong.

Paket wisata hemat belitung

Berada di ujung barat daya pulau Belitung, Kalian bisa menemukan sebuah pantai yang cantik dan mempesona, Pantai Teluk Gembira ini memang wajib untuk di kunjungi karena ada banyak sajian yang pastinya bakalan bikin kalian betah berlama-lama disini.

Pantai Teluk Gembira memberikan wisatawan panorama alam yang masih alami. Dengan perpaduan air laut yang jernih, Pasir putih yang bersih dan susunan batuan granit yang tersusun elok menjadikan pantai ini sedap dipandang.

Ada sebuah kisah menarik yang ada di sini yaitu konon di gua-gua antara bebatuan karang yang ada di pantai ini ada harta hasil rampokan yang disembunyikan oleh bajak laut.

Pantai Teluk Gembira berada jauh dari kota Tanjung pandan, Maka dari itu fasilitas di pantai ini kurang memadai, Sebaiknya sebelum kalian memutuskan untuk berkunjung ke pantai ini, Kalian sudah harus menyiapkan bekal terlebih dulu.

Jarak tempuh untuk sampai ke pantai ini sekitar 1 jam 13 menit dari kota Tanjung pandan dan dari bandara H.AS Hanandjoedin sekitar 1 jam 20 menit.

5. Pantai Penyabong berada di desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong.

Destinasi wisata Belitung

Di sebelah selatan Belitung, tepatnya di kawasan Membalong, Kalian dapat menemukan pantai yang indah. Pantai yang wajib dikunjungi di kawasan ini adalah Pantai Penyabong.

Untuk sampai ke pantai yang memiliki banyak batu-batuan granit indah ini, Kalian harus melewati jalan tanah yang panjang dan berliku. Pemandangan hijau nya pepohonan dan bukit-bukit dapat disaksikan di sepanjang perjalanan menuju Pantai Penyabong. Kalian juga dapat melihat pemandangan Batu Baginde yang berdiri kokoh di pinggir jalan menuju Pantai Penyabong.

Nama “penyabong” berasal dari kata “penghubung”. Pemberian nama ini berdasarkan batu-batu granit yang berada di sini. Batu-batuan itu saling bersambungan dan terhubung satu sama lain.

Ketika kalian berkunjung ke pantai ini jangan mengharapkan fasilitas yang lengkap, Mengingat lokasi pantai yang jauh dari kota Tanjung pandan dan juga pantai ini belum dijadikan rujukan untuk berwisata.

Jarak tempuh dari kota Tanjung pandan menuju pantai penyabong sekitar 1 jam 30 menit dengan jarak 80 kilometer, Karena kendaraan umum belum tersedia. Kalian sebaiknya menyewa kendaraan sendiri untuk sampai ke pantai ini.

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata pantai yang ada di pulau Belitung, Tapi menurut kami ke 5 pantai di atas lah yang memiliki akses paling mudah dan lokasinya yang aman.

Kalau kalian tertarik untuk menjelajah ke pantai yang lainnya, Kalian bisa mengikuti paket tour ini.

Destinasi Wisata Belitung : Alam

1. Batu Mentas berada di desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat.

Destinasi wisata Belitung

Sebelum menjadi obyek wisata, Dulunya Batu Mentas merupakan hutan lindung di kaki Gunung Tajam Belitung. Karena memiliki banyak pesona dan potensi maka kemudian pada bulan Maret 2012 dilakukan peresmian dan lauching Wisata Alam Batu Mentas dan Sanctuary Tarsius oleh KPLB (Kelompok Peduli Lingkungan Belitung) bersama GEF (Global Environment Program).

Batu mentas memang mempunyai banyak potensi. Bahkan karena banyaknya potensi menjadikan Batu Mentas banyak disebut sebagai destinasi wisata terpadu. Beberapa potensi Batu Mentas adalah hutan lindung, kekayaan flora dan fauna, sungai yang elok dan juga dukungan untuk beberapa kegiatan outbond.

Ada satu fauna menarik yang bisa kita jumpai di Batu Mentas ini yakni Tarsius Bancanus Saltator. Fauna langka di dunia ini bisa kalian saksikan di alam liar atau juga yang disangkarkan.

Fasilitas yang ada di Taman Wisata Alam Batu Mentas ini terbilang cukup baik. Hal ini terlihat dari beberapa sarana dan pra-sarana seperti gazebo, restoran Ruma Makan De Bang utan, area outbond seperti flying fox serta jaring laba-laba dan juga penginapan rumah pohon.

Jarak tempuh untuk sampai ke Batu Mentas dari kota Tanjung pandan sekitar 35 menit, Kondisi jalan yang dilalui agak sedikit rusak dengan karakteristik tanah merah. Kami sarankan untuk tidak berkunjung ketika musim hujan.

Destinasi Wisata Belitung : Pulau Eksotis

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas terletak di utara desa Tanjung binga, Pulau yang terkenal dengan menara putih ini selalu ramai di kunjungi wisatawan, Rasanya tidak lengkap kalau liburan ke Belitung belum mengunjungi pulau Lengkuas.

Mahkota dari pulau Lengkuas sebenarnya adalah sebuah mercusuar tua, dibangun oleh Belanda sejak tahun 1882, Kalau dulu para tamu bisa dengan bebas naik menuju puncak mercusuar. Untuk mendapatkan pemandangan dari puncak mercusuar Lengkuas, Tapi untuk saat ini para pengunjung dibatasi hanya sampai ke lantai 3 dari mercusuar ini.

Perlu diketahui, persediaan air bersih sangat terbatas di pulau ini, meskipun ada tersedia toilet, mohon gunakan air secara bijaksana. Bawalah bekal air sendiri dari darat supaya kalian tidak khawatir kehabisan air bersih di pulau ini dan ingat untuk selalu membawa kembali sampah kalian. Karena setiap pengunjung yang datang ke pulau ini di bebankan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan.

Akses untuk sampai ke pulau lengkuas bisa dilakukan dari pelabuhan Tanjung binga maupun pantai Tanjung kelayang, Kalian bisa menyewa perahu nelayan dengan tarif sekitar 500 ribu untuk sekali perjalanan.

Jarak tempuh dari satu pulau ke pulau yang lain sekitar 5-10 menit saja.

2. Pulau Pasir

Pulau Pasir Belitung

Pulau Pasir sebenarnya bukanlah sebuah pulau. Tempat ini adalah sebuah gosong yaitu tumpukan daratan yang hanya terdiri atas pasir. Yang menarik dari tempat ini adalah tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut. Pada saat air laut pasang hampir seluruh daratan tenggelam di bawah laut.

Tidak ada benda lain di pulau ini selain tumpukan pasir putih yang halus, Pemandangan di sekitarnya bagus sekali karena lokasi pulau terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan satu sama lain seperti pulau Kepayang, pulau Babi, pulau Tukong Kelayang dan Batu Berlayar.

Di pulau pasir biasanya banyak bintang laut yang keluar karena terbawa oleh arus air laut, Penting untuk dicatat untuk jangan pernah mengangkat hewan ini ke permukaan karena mereka mudah sekali mati. Tapi kalian bisa berfoto dengan cara rendam kan setengah bagian tubuh bintang laut agar tidak cepat kering dan mati.

Harap diperhatikan, Kalian harus selalu menggunakan jaket pelampung karena arus di sisi selatan cenderung lebih deras.

3. Pulau Batu Garuda

Pulau Burung Belitung

Adalah pulau pertama yang akan kalian datangi, Disini kalian tidak bisa untuk masuk ke dalam pulau karena banyaknya karang-karang besar di bawah laut yang akan mengakibatkan perahu tersangkut, Jadi kalian hanya bisa berfoto dari atas perahu saja.

Ketika berfoto menggunakan handphone harap untuk mengikatkan pegangan atau tali supaya tidak jauh ke dalam air.

Pesona pulau ini adalah susunan granit yang membentuk seperti kepala burung, Penduduk setempat menamai pulau ini sebagai pulau Batu Garuda.

4. Pulau Batu Berlayar

Pulau berlayar belitung

Pulau Batu Berlayar (Sailing Rock) adalah formasi batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar berdiri vertikal berbentuk layar dengan pulau pasir putih sebagai kapal nya. Formasi itu membuat penduduk Belitung menamakan tempat ini pulau Batu Berlayar.

Laut di sekitar pulau sangat indah dan dangkal, dengan air laut jernih dan banyak juga terdapat terumbu karang, Di sekitar pulau banyak sekali bulu babi dan pastikan kalian menggunakan sepatu atau sandal jika berjalan di atas air khususnya di pantai sisi Timur dari pulau ini.

Bagaimana apakah 10 daftar destinasi wisata Belitung diatas membantu kalian menambah referensi tentang destinasi wisata Belitung ?

Tinggalkan komentar

Please enter comment.
Please enter your name.
Please enter your email address.
Please enter a valid email address.