Biliton Journey

21

Apr
2018

Hopping Island & Indahnya Pulau-pulau Kecil Di Sekitar Belitung

Diposting OlehBiliton Journey/ 19 0

Hopping Island & Indahnya Pulau Kecil Sekitar Belitung

Buat kalian yang pengen berlibur ke pulau Belitung. Kalian wajib mengikuti program tour Hopping Island atau mengunjungi beberapa pulau-pulau yang ada disekitar Belitung.

Disini kami rangkum semua hal tentang Hopping Island dimulai dari lokasi penyebrangan sampai pulau terakhir yang dikunjungi.

Kita mulai dari penyebrangan dahulu.

  • Pantai Tanjung kelayang

Destinasi wisata Belitung

 

Berjarak 30 menit dari pusat kota Tanjung pandan. Pantai ini adalah tempat penyebrangan untuk memulai aktifitas tour Hopping Island. Dari pantai ini kalian sudah bisa melihat dengan jelas penampakan pulau-pulau indah di depannya.

Pulau pertama adalah

Pulau batu garuda

Salah satu yang paling unik terletak di lepas Pantai Tanjung Kelayang, Belitung Barat. Namanya Batu Garuda, yang menempati sebuah pulau pasir mungil tak jauh dari lepas pantai.
Dinamakan Batu Garuda karena bentuknya seperti kepala garuda.
Perjalanan dari pantai menuju Pulau Batu Garuda hanya memakan waktu sekitar 10 menit naik boat.
Formasi batu granit ini menyerupai burung dengan kepala yang mencuat di bagian atasnya. Tampak satu bagian batu berbentuk seperti paruh. Karena keunikannya, Batu Garuda menjadi spot foto favorit tiap turis yang berkunjung.

Pulau Pasir Belitung

Di tempat wisata ini anda bisa merasakan nuansa terdampar di salah satu pulau terpencil. Di beri nama Pulau Pasir karena pada pulau ini hanya terdapat hamparan pasir putih dengan tekstur yang halus yang mengelilingi pinggiran pantai.

Sebenarnya, tempat wisata yang sedang menjadi bahan perbincangan para traveller ini bukanlah sebuah pulau, namun tempat ini hanyalah gundukan atau sehamparan pasir yang letaknya berada di tengah laut.Pulau Pasir ini juga sering disebut dengan pulau gosong oleh masyarakat Belitung.

Saat air sedang surut gundukan atau hamparan pasir tersebut akan muncul ke permukaan sehingga akan terbentuk satu pulau kecil dengan hamparan pasir putih. Pada saat air laut pasang, hamper seluruh dari hamparan dan gundukan tersebut tenggelam di bawah laut.

Oleh sebab itu, tempat wisata ini di namai dengan Pulau Pasir yang memiliki ukuran sekitar setengah dari lapangan bola. Tidak ada hal lain yang akan anda jumpai di Pulau Pasir ini selain tumpukan pasir putih dengan tekstur yang halus.

Ketika air pantai surut, Pulau Pasir ini sering disambangi oleh para pengunjung untuk melakukan perjalanan yang di sebut dengan island hopping. Aktivitas ini terbilang unik karena dilakukan dengan menggunakan perahu tradisional nelayan. Anda akan di ajak menyusuri beberapa spot menarik di sekitaran Pulau Pasir ini.

Saat melakukan aktivitas tersebut, anda dapat menyaksikan pesona keindahan pemandangan yang sangat mempesona. Sedangkan jarak untuk bisa sampai di pulau-pulau terdekat tersebut hanya dipisahkan dengan air laut setinggi pinggang orag dewasa ketika air laut surut.

Saat anda berkunjung ke Pulau Pasir ini, satu hal yang tidak boleh terlewatkan.Jangan segan untuk menyeburkan diri di pinggiran pantai yang lebih tepatnya berada di sisi utara Pulau Pasir.Di sisi pulau tersebut anda akan merasakan air yang jernih dengan kedalaman yang tidak terlalu dangkal, juga pada bagian bawahnya hanya ada pasir putih yang landai.

Anda bisa melihat di bagian bawah dari spot tersebut untuk bisa menyaksikan binatang laut yang tinggal di Pulau Pasir. Salah satu hewan yang bisa anda jumpai yaitu bintang laut besar yang tersebar di perairan di sekitar lokasi.Saat melihat binatang tersebut muncul ke permukaan banyak yang tidak melewatkan untuk berfoto dengan hewan-hewan laut unik tersebut.

Meskipun unik, anda dilarang untuk membawa pulang bintang laut tersebut.Terlebih untuk di jadikan koleksi atau untuk diperjualbelikan.Setelah puas menyaksikan hewan laut ini, diharapkan untuk mengembalikannya kembali ke tempat semula.Sebaiknya, anda jangan membiarkan hewan tersebut untuk terlalu lama di udara, karena bintang laut tersebut bisa mati karena kurangnya air.

Pulau Lengkuas Belitung

Di Pulau Lengkuas, selain menikmati pemandangan pantai yang indah, biasanya pengunjung tidak akan melewatkan kesempatan menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Di depan perairan Pulau Lengkuas, terdapat spot-spot diving yang bagus, dan terdapat pula wreck indomarine. Penjaga mercusuar juga memelihara Penyu hijau.

Karena Pulau Lengkuas tidak terlalu luas, untuk menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan, pengunjung disarankan untuk membawa persediaan air minum/air tawar serta selalu membawa pulang kembali sampah yang dihasilkan selama beraktivitas si Pulau, untuk di buang di tempat sampah di daratan Pulau Belitung.

  • Pulau Batu Berlayar

Pulau berlayar belitung

Pulau Batu Berlayar adalah salah satu pulau yang ada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Sekilas, bila kita melihat dari kejauhan, pulau ini terlihat seperti gundukan pasir yang dipenuhi batu granit.

Pulau Batu Berlayar memang terlihat unik. Di sini kita disajikan pemandangan batu-batu granit berukuran besar yang berdiri menjulang ke atas. Batu-batu ini berdiri diatas pulau berpasir putih yang lembut dan dikelilingi birunya air laut yang tenang.

Berjalan-jalan mengelilingi Pulau Batu Berlayar menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Memasuki celah-celah batu granit di atas pasir menjadi pengalaman yang tidak terlupakan saat berada di sini.

Tidak hanya batu granitnya saja yang indah, keberadaan biota laut seperti ikan-ikan cantik dan bintang laut di pulau ini juga menjadi pemandangan indah yang disajikan dari pulau yang hanya 15 menit bisa kita tempuh dari Pantai Tanjung Kelayang ini.

Pulau Batu Berlayar juga memiliki keunikan tersendiri. Jika pulau ini tidak akan terlihat karena tertutup laut. Pengunjung perlu keberuntungan untuk bisa sampai ke pulau ini.

Nama Batu Berlayar sendiri konon diambil dari salah satu batu yang ada di sini yang mirip dengan layar perahu nelayan.

Pulau ini menjadi tujuan terakhir para wisatawan yang melakukan Hopping island.

Nah diatas adalah ulasan mengenai pulau-pulau yang akan kalian kunjungi ketika mengikuti program Hopping Island.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencobanya ?

Tinggalkan komentar

Please enter comment.
Please enter your name.
Please enter your email address.
Please enter a valid email address.