5 Kuliner Khas Pulau Belitung

Kuliner Khas Pulau Belitung

5 Kuliner khas pulau Belitung

Kalau lagi jalan-jalan ke pulau Belitung rasanya kurang pas kalau tidak sekalian berburu kuliner khas Belitung, Ya kan ?

Dibawah ini kami rangkum 5 Kuliner khas pulau Belitung yang sayang untuk dilewatkan!

1. Gangan

Atau sop ikan kuah kuning, Untuk yang pernah ke pulau Belitung pasti sudah pernah mencoba makanan khas pulau Belitung ini dan pasti bisa menilai sendiri tentang rasanya.

Sop ikan kuah kuning ini biasanya menggunakan beberapa jenis ikan air laut atau tawar, Tapi yang paling banyak dijumpai adalah menggunakan ikan air laut seperti, Ikan ketarap, Ikan kakap merah dan Ikan birai. Khusus untuk orang asli Belitung mereka biasanya menggunakan ikan yang sesuai selera, Seperti ikan Bebulus.

Untuk masyarakat Belitung sendiri, Makanan sehari-hari ialah Gangan ini lah. Rasanya seperti ada yang kurang kalau satu hari terlewatkan tanpa menikmati gangan.

Menyantap makanan ini paling cocok waktu lagi anget-angetnya, Kalian akan mendapatkan rasa Pedas, Asin, dan sedikit rasa asam.

2. Gangan kepiting bumbu santan

Selain Gangan ikan, Kalian juga perlu mencicipi Gangan Kepiting yang rasanya tak kalah mantap. Ada dua jenis kepiting yang biasa dimasak yaitu kepiting hitam atau kepiting batu, dan kepiting laut yang disebut rajungan. Sop Gangan Kepiting menggunakan bumbu yang sama dengan Gangan pada ikan, tetapi ditambah dengan bumbu santan kelapa. Jangan heran, begitu makan dengan Gangan Kepiting, nasi sepiring tak cukup! Oh ya, kuliner ini banyak sekali di resto-resto seafood.

3. Ikan Pais (Ikan yang dibungkus daun pisang)

Masakan khas Belitung lainnya yang perlu dicoba adalah Pais, namun berbeda dengan pepes. Masakan ikan bakar ini diberi bumbu yang persis sama dengan Gangan. Bumbu tersebut dimasukkan ke dalam ikan sebelum dibakar. Biasanya ikan yang dimasak menjadi Pais adalah ikan ilak, unsat atau cubit. Kalian bisa mencicipi Pais di resto-resto seafood sederhana yang juga menjual Gangan. Resto-resto semacam ini bisa kamu temukan di pantai Tanjung Tinggi.

4. Suto Belitong Mak Jana

Suto Belitung sepintas mirip ketupat sayur, tapi rasanya jauh beda. Makanan ini disajikan dengan beberapa iris lontong, bihun, irisan daging dan kerupuk melinjo. Kuahnya lebih mirip kuah Mie Belitung, agak kental. Kuah tersebut terbuat dari rebusan kari iga sapi dicampur santan kelapa dan sedikit irisan daging. Walaupun berbeda dengan ketupat sayur, Suto Belitung ini rasanya juara! Penasaran mau coba? Bisa datang ke warung Suto Belitung “Mak Jana” yang letaknya tepat di sebelah warung kopi Ake.

5. Mie Belitong

Kuliner khas pulau Belitung satu ini wajib dicoba saat jalan-jalan ke Belitung. Tanya deh, operator wisata mana pun pasti akan mengajak peserta nya makan Mie Belitung atau Mie Belitong. Rahasia yang membuat makanan ini enak adalah kuah kari udang nya yang gurih dan kental, dicampur dengan mie yang kenyal dan tauge, irisan tahu goreng, emping dan cabe rawit tumbuk khas Belitong yang harum. Mantap! Salah satu tempat makan Mie Belitung yang direkomendasikan adalah Mie Belitung Atep di Jalan Sriwijaya. Tempat makan yang populer di kalangan turis ini juga menyediakan menu Nasi Tim Ayam yang enak!

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk mencoba menikmati kuliner khas pulau Belitung ?

Tinggalkan Balasan