7 Oleh-oleh Khas Belitung

Oleh-oleh Khas Belitung

7 Oleh-oleh Khas Belitung

Bangka Belitung menjadi tempat wisata yang banyak di datangi oleh turis asing maupun lokal. Kekayaan alam yang indah, membuat pulau dengan julukan Pulau Timah ini menjadi destinasi yang masuk daftar rekomendasi tempat berlibur.Tapi ternyata, bukan hanya kekayaan alamnya aja yang indah, pulau ini juga banyak memiliki makanan unik dan khas yang cocok banget kalian coba dan bahkan kalian jadikan oleh-oleh. Dari sekian banyak pilihan yang ada, kami telah merangkum 7 oleh-oleh khas Belitung yang pas dan oke banget buat kalian bawa kerumah!

1. Sambal Rusip

Sambal Rusip, Kuliner enak khas Belitung

Sambal rusip atau rusep adalah hasil fermentasi ikan kecil dalam botol selama satu minggu dengan diberi bumbu garam dan gula merah. Setelah sepekan, aroma asam dari ikan akan keluar dan hal itu yang membuat sambal yang satu ini menjadi unik dari segi cita rasa dan pengolahannya.

2. Belacan Belitong

Belacan Belitung

Oleh oleh yang satu ini bisa disebut terasi nya orang Belitung. Karena cita rasa dari terasi ini khas dan berbeda dari terasi dari daerah lain, karena terasi ini dibuat dari udang rebon atau ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Belacan ini menjadi komponen terpenting jika kalian ingin membuat sambal belacan dirumah yang merupakan sambal yang sangat terkenal dari Pulau Timah ini.

3. Kemplang

Kemplang ikan Belitung

Kerupuk yang satu ini terbuat dari ikan dengan tekstur yang padat dan tidak mudah hancur. Selain itu tidak hanya terbuat dari ikan, namun tersedia pilihan kerupuk kemplang udang dan kepiting loh. Cocok banget buat dijadikan oleh oleh dan teman makan dirumah.

4. Lempok Cempedak

Lempok Cempedak Belitung

Lempok cempedak adalah olahan manis berbahan dasar buah cempedak. Tekstur nya yang kenyal membuat banyak orang menyebutnya mirip dodol seperti di Jawa kebanyakan.

5. Rintak

Jajanan Rintak khas Belitung

Kue kering yang terbuat dari bahan baku sagu ini, biasa dijual dengan bentuk kembang ini, memiliki tekstur yang keras saat digigit namun di mulut akan meluber dan terasa lembut.

6. Sirup Jeruk Kunci

Olahan buah jeruk kunci khas Belitung

Sirup jeruk kunci merupakan oleh oleh yang wajib banget kalian beli saat berkunjung ke Bangka Belitung. Jeruk kunci memiliki ukuran sebesar bola pingpong dan hanya bisa kalian temukan di pulau Bangka Belitung saja. Meskipun memiliki rasa yang sedikit asam, namun sirup ini sangat segar untuk diminum ditengah hari yang panas.

7. Asinan Kelubi

Sambar Rusip, Souvenir khas pulau Belitung

Buah kelubi adalah buah yang biasa tumbuh di hutan rawa Bangka Belitung. Buah bentuknya seperti salak versi kecil ini memiliki rasa yang masam. Jika kalian penasaran dengan rasa dari asinan khas Bangka Belitung ini, wajib banget dicoba!

Dengan membeli oleh oleh kita bisa membantu ukm ukm dari daerah wisata dan keuntungan lain nya juga kita bisa merasakan berbagai kekayaan makanan dan cita rasa yang ada di Nusantara.

Bagaimana apakah tulisan 7 oleh-oleh khas Belitung ini menambah pengetahuan kamu tentang oleh-oleh khas Belitung ?

Kalau iya, Kamu bisa membagikan artikel ini kepada orang lain juga.

Tinggalkan Balasan