Tempat unik dunia

25

Mar
2018

Pantai Tanjung Kelayang

Diposting OlehBiliton Journey/ 20 0

 Pantai Tanjung KelayangPantai Tanjung Kelayang

Merupakan salah satu pantai yang terletak di kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya berada di kecamatan Sijuk dan berjarak sekitar 27 kilometer dari kota Tanjung pandan yang merupakan ibu kota Kabupaten Belitung.

Pantai ini memiliki banyak batu granit raksasa, yang bentuknya sangat mirip dengan kepala burung garuda. Menurut cerita rakyat setempat, batu tersebut dipercaya memiliki kekuatan mistis. Nama “Kelayang” bisa dikatakan merupakan nama yang diambil dari salah satu jenis burung yang terdapat di pantai ini.

Pantai ini merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi di samping Pantai Tanjung tinggi.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tanjung kelayang bisa melihat bongkahan batu granit besar berbentuk kepala burung, Masyarakat sekitar menyebutnya Pulau Batu Garuda, Di pantai ini juga dibangun sebuah Pendopo biasanya digunakan untuk acara selamatan kampung, Gelaran seni rakyat, Dan berbagai macam aktifitas lainnya.

Fasilitas yang disediakan pengelola meliputi kamar bilas dan mushola serta di pesisir pantai banyak sekali warung makan yang menjual makanan khas Belitung, Yaitu Gangan.

Pantai Tanjung kelayang menjadi tempat penyeberangan bagi wisatawan yang mengikuti program hoping islands.

Program tour ini memang dikhususkan untuk menjelajahi pulau-pulau kecil disekitar pantai Tanjung kelayang, Adapun pulau yang nanti akan dikunjungi seperti :

  • Pulau Batu Garuda, Disini kalian tidak bisa turun atau masuk ke dalam pulau dikarenakan tidak adanya akses masuk, Jadi kalian hanya bisa berfoto dari atas perahu nelayan.

Pulau Burung Belitung

  • Pulau Pasir atau Gusong Pasir, Adalah gundukan pasir laut yang keluar pada waktu air sedang surut, Biasanya terjadi pada pagi atau sore hari, Di pulau ini kalian bisa berfoto bersama Bintang laut yang ada di sekitaran pulau, Tapi kalian harus berhati-hati karena dasarnya Bintang laut mudah mati dan mengering, Tidak boleh terlalu lama diangkat ke permukaan.

Pulau Pasir Belitung

  • Pulau Lengkuas, Adalah pulau tempat berdirinya sebuah mercusuar buatan Belanda pada tahun 1882, Di pulau ini kalian bisa bersantai di bawah pohon kelapa sambil ditemani kelapa muda segar, Kalau kalian ingin masuk ke dalam mercusuar batasan lantai yang bisa kalian masuki hanya sampai lantai 3 dikarenakan sedang dalam perbaikan, Tapi jangan murung dulu kalian masih bisa kok menikmati pemandangan disekitar pulau lengkuas.

Pulau Lengkuas

  • Pulau Kepayang, Di pulau ini dibangun sebuah Restoran seafood dimana para wisatawan bisa menikmati hidangan laut khas pulau Belitung, Disini kalian akan disuguhkan dengan kopi hitam & teh manis, Kabar baiknya itu semua gratis.

Pantai Tanjung Kelayang

  • Pulau Batu Berlayar, Sekilas kalau diperhatikan dengan seksama, Pulau Batu Berlayar memiliki bentuk seperti layar yang ada pada perahu nelayan, Buat kalian yang ingin ke pulau ini harus jeli melihat waktu surut air laut nya, Biasanya kalau sedang surut akses ke pulau ini agak sulit.

Pulau berlayar belitung

  • Pulau Kelayang, Jangan salah dulu, Pulau Kelayang & Kepayang adalah dua pulau yang berbeda tapi masih dalam satu wilayah, Di pulau kelayang apabila kalian masuk agak ke dalam, Kalian akan menemukan goa kelelawar dan juga pemandangan yang keren abis, Kalian bisa mendapatkan foto terbaik yang pastinya bikin iri teman kalian yang tidak ikut liburan ke Belitung.

Diatas adalah pulau-pulau yang nanti bakal kalian kunjungi kalau mengikuti program tour keliling pulau.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk mengunjungi Pantai Tanjung Kelayang ?

Tinggalkan komentar

Please enter comment.
Please enter your name.
Please enter your email address.
Please enter a valid email address.