Pulau Lengkuas Belitung , Pulau Eksotis Dengan Mercusuar Bersejarah

Pulau Lengkuas Belitung

Pulau Lengkuas Belitung, Pulau Eksotis Dengan Mercusuar Bersejarah

Pulau Eksotis di Belitung

Pulau Lengkuas , sebuah pulau kecil yang berada di sebelah timur pulau belitung. Sebuah pulau kecil yang sejak zaman penjajahan sudah terkenal dan memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa indonesia.

Pulau lengkuas ini memang memiliki keindahan yang luar biasa, pasir putih dengan air yang biru jernih membuat kita dapat menikmati dasar pantai di pulau lengkuas . Kumpulan bongkahan batu granit raksasa yang berada di pantai lengkuas ini juga menambah eksotisme pantai di pulau lengkuas.

Dari Balik Kumpulan pepohonan kelap , Sebuah mercusuar peninggalan penjajah Belanda dengan ketinggian 50 -60 dengan gagah seakan-akan menembus langit diatas pulau lengkuas.

Jika pengunjung berminat untuk menaiki mercusuar ini harus mempersiapkan tenaga ekstra, karena mercusuar ini mempunyai 18 lantai yang harus dilewati oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pulau lengkuas dari atas mercusuar.

Mercusuar putih pulau Lengkuas

Rute Menuju Ke Pulau Lengkuas

Secara administratif pulau ini berada di kecamatan sijuk, kabupaten Belitung provinsi Bangka Belitung. Pulau Lengkuas ini adalah pulau  yang memiliki ukuran kecil, pengunjung bisa berkeliling pulau hanya dengan waktu sekitar 20 menit saja.

Rute menuju ke pulau ini juga termasuk agak sulit dan rumit. Untuk mencapai pulau Lengkuas bisa melalui beberapa jalur jika dari kabupaten Belitung. rute pertama adalah dari desa Tanjung Kelayang .

Batuan granit pulau Lengkuas

Bila anda memulai perjalanan dari desa Tanjung Kelayang  maka anda bisa menjelajahi beberapa pulau yang memiliki pemandangan pantai yang indah  yaitu Pulau Pasir, Pulau Babi,  Pulau Burong, lalu baru menuju ke pulau pulau Lengkuas.

Namun jika perjalanan anda di mulai dari desa Tanjung Binga, maka wisawatan bisa menikmati 2 pulau yaitu  pulau Litung dan pulau Semaju.

Pemandangan Pulau Lengkuas Belitung

Fasilitas

Dengan keindahan pantai dan panorama yang indah, menjadikan pulau lengkuas ini menarik perhatian para wisatawan asing dan lokal. Dengan demikian pengelola wisata  juga semakin memperhatikan fasilitas yang tersedia di pulau ini.

Fasilitas yang ada berupa kamar mandi/bilas dan juga warung makanan kecil.

Perahu Tradisional

Keindahan

Selain memiliki pantai yang indah, Juga memiliki lanskap indah yang sayang untuk dilewatkan, Anda harus pandai untuk menentukan angle foto supaya mendapatkan view yang bagus.

Setelah puas melihat dari atas menara, pengunjung bisa mencoba mandi di kolam bidadari. Kolam Bidadari adalah kolam alami yang terbentuk dari batu-batu granit yang saling menyatu. Sehingga air laut dari pantai berkumpul di dalam kolam tersebut.

Pulau lengkuas juga terkenal dengan spot memancing terbaik di wilayah kabupaten belitung. Para penghobi mancing bisa menyewa kapal untuk menuju ke spot tersebut dengan menyewa kapal penduduk lokal. Beberapa jenis ikan yang ada di sini adalah  ikan kakap merah, dan  ikan jenis mayong.

Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Waktu terbaik untuk berlibur

Karena pulau lengkuas Belitung adalah sebuah kepulauan yang kecil, tentunya sangat rawan akan perubahan cuaca dan iklim. Bulan terbaik untuk berlibur adalah pada bulan maret sampai bulan desember.

Pada bulan-bulan tersebut sudah memasuki musim kemarau, sehingga area di sekitar pulau lengkuas akan lebih terlihat indah. Jika berkunjung di bulan selain itu selain air laut agak pasang, angin laut juga akan bertiup lebih kencang.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke pulau Lengkuas Belitung ?

Tinggalkan Balasan