Pulau Pasir Belitung

Pulau Pasir Belitung

Pulau Pasir Belitung

pulau pasir belitung

Pulau Pasir Belitung sebenarnya bukanlah sebuah pulau. Tempat ini adalah sebuah gusong pasir yaitu tumpukan daratan yang hanya terdiri atas pasir. Yang menarik dari tempat ini adalah tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut.

Pada saat air laut pasang hampir seluruh daratan tenggelam di bawah laut. Pulau ini tidak luas, hanya terdiri kurang lebih setengah lapangan bola. Tidak ada benda lain di pulau ini selain tumpukan bintang laut dan pasir putih yang halus, khas Belitung.

Pulau pasir atau pulau gusong ini merupakan salah satu tujuan tour wisata Belitung hoping island. Pulau ini terbilang sangat unik karena jarang sekali ada pulau yang berada di tengah laut dan pulau tersebut tidak selamanya bisa terlihat. Karena tertutup oleh air laut saat keadaan laut sedang pasang.

Pada saat air surut, pulau ini disinggahi oleh setiap wisatawan yang melakukan perjalanan Hopping Islands dengan perahu nelayan. Pemandangan di sekitarnya bagus sekali karena lokasi pulau terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan satu sama lain seperti Pulau Kepayang, Pulau Babi, Pulau Tukong Kelayang dan Batu Berlayar. Jarak terdekat adalah ke Pulau Kepayang yang hanya dipisahkan oleh air laut setinggi pinggang pada saat laut surut.

Jika anda berkunjung ke Pulau Pasir, ada satu hal yang jangan sampai terlewatkan. Jangan segan untuk membawa diri turun ke laut di sisi utara Pulau Pasir. Airnya jernih dan dangkal dan di bawahnya hanya ada pasir putih halus dalam sebaran yang landai dan luas.

Lihatlah ke dasar laut, anda akan menemukan binatang spesial penghuni Pulau Pasir. Mereka adalah bintang laut merah besar. Bintang laut ini banyak sekali tersebar di perairan sekitar Pulau Pasir. Pengunjung biasanya tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama makhluk-makhluk unik ini.

Salah satu daya tarik yang dimiliki pulau pasir adalah terdapatnya penghuni pasir laut yaitu bintang laut. Bintang laut ini tidaklah menggigit atau pun mengeluarkan racun sehingga tidak membahayakan para pengunjung yang ingin berfoto-foto sambil memegang makhluk laut yang cantik ini.

Harap diperhatikan, Jangan sekali-kali mengangkat naik Bintang laut dari dalam air karena mereka bisa stres dan langsung mati, Bintang laut merah besar memang banyak di pulau pasir tapi bukan berarti kita bisa seenaknya saja membiarkan mereka mati mengering hanya untuk menyenangkan nafsu berfoto kita.

Anda juga harus memperhatikan keselamatan. Di sisi selatan pulau arus laut cenderung deras, meskipun laut cukup dangkal. Jadi tidak disarankan untuk mencari bintang laut di sisi selatan Pulau Pasir. Harap selalu gunakan jaket pelampung pada saat menceburkan diri ke laut, seandainya anda tertarik arus, anda tetap akan aman.

Demikian Pesona Keindahan Pulau Pasir Belitung dari kami, Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda yang membacanya.

Tinggalkan Balasan